Latest Posts

Cara Membuat Komentar Dofollow di Blog Yang Nofollow

Saturday, October 24, 2009 , Posted by admin at 9:00 AM

Well, mencari banyak backlink adalah salah satu upaya untuk memperoleh PR dari google. Salah satu cara yang banyak digunakan adalah dengan one way dan two ways. Sudah tahu kan?? Yap benar sekali, dengan cara tukaran link dengan blog lain, khususnya yang relevan dan berPR, otomatis akan mengangkat PR blog anda. Tapi, di sisi lain, selain kita dapat backlink dari mereka, kita juga membuat outbond link dari blog kita sendiri.

Nah, cara lain agar kita hanya dapat backlink tetapi tanpa membuat outbond link adalah berkomentar di blog yang dofollow atau menjadi "top komentator" yang didofollowkan di blog tertentu, seperti di blog ini (itu lho top commentators di sebelah kanan). Namun, beberapa kendala sekarang ini, rata-rata blog yang menganut dofollow adalah blog yang masih baru atau belum berPR. Nah, padahal kita juga berharap mendapat backlink dari blog berPR, tapi kebanyakan mereka pasti nofollow. OK, tapi tenang saja, saya punya sebuah trik yang sudah banyak diomongkan, tapi mengenai keakuratannya, saya tidak menjamin. Yang jelas, ketika saya uji sendiri di blog ini dan saya cek dengan add-ons firefox berhasil. Kalau belum punya, silakan download di link ini: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/5687. Trik ini agak radikal juga, soalnya memaksakan dofollow pada posting blog yang secara nyata nofollow. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat screen shot ini.


Terlihat bahwa pada blog yang nofollow, tapi ada link di komentar yang dofollow. Seperti yang anda lihat, yang berwarna merah tersebut link nofollow, dan bertanda biru adalah link dofollow. Dalam hal ini, saya anggap anda sudah mengerti apa itu nofollow dan dofollow. Jika belum, silakan anda baca "posting ini" dulu, semoga membantu.

Well, daripada berlama-lama, untuk membuat hal itu cukup mudah kok. Namun perlu diingat, ini hanya berlaku pada komentar anda, bukan name yang anda masukkan. Nah, caranya seperti biasa, ketika anda ingin membuat link pada komentar, lakukan dengan menyisipkan kode HTML dan sedikit memodifnya seperti ini.
<a rel='dofollow' href='http://namabloganda.com'>anchor text</a>
Misal, saya mau menulis : Keren nih, kunjungi saya juga ya di sini

Maka yang saya tuliskan seperti ini:
Keren nih, kunjungi saya juga ya <a rel='dofollow' href='http://indrowicahyo.blogspot.com/'>di sini</a>
Gimana, bisa belum? Kalau belum bisa, coba anda ganti antara tanda ( ' ) menjadi ( " ) atau sebaliknya. Dan perlu diingat, hal ini kayaknya cuma berlaku di blog ber-engine blogspot saja. Tapi, jangan diterapkan di blog ini yah!! Selebihnya, bila ada masukkan, tentu manfaatkan form komentar di bawah dengan baik. Masukan anda akan saya terima dan semoga membantu.



Baca Juga Artikel Berikut :



Currently have 316 comments:

  1. Kl koment spt itu enaknya di platform blogengine ndrow... karena rata2 orangnya baik :)(sm kek admin blog ini hihihi) Tapi heran juga ya ndrow, padahal outbond link mereka itu gila2an karena stiap yang komentar masuk pasti nyisipin code diatas, tapi tetap ajah PRnya tinggi..
    Kira2 faktor apa itu ndrow menurut pendapat loe??

  1. admin says:

    Nah, menurut saya sih inbound link yang dimiliki pasti juga besar. Selain itu, setahu saya PR tidak cuma dari BL, tapi juga dari relevansi content, dll..

  1. Lumayan juga tekniknya, saya juga menerapkan dari dahulu cuma beda dikit. salam

  1. Agen Pulsa says:

    Sip thanks sharingnya, ini yang saya cari selama ini.

  1. bos, pasa saya nyoba instal pake add-ons itu kok akses jd lambat yah? trus apa itu bukan cara ilegal bos?

  1. admin says:

    @CPNS:ya namanya add ons, memang sedikit menjadikan browser lambat, tapi tidak terlalu signifikan kok. Untuk masalah itu, saya sendiri juga tidak tahu. Tapi yg jelas, banyak yg pake..

  1. Info yang mantab sob.
    Ini info yang bermanfaat ...
    Lanjut terus ...
    Ditunggu posting selanjutnya ya!
    Jangan lupa kunjungan balik n kasi komen juga ya, biar impas, hehehe!

  1. insanitis37 says:

    wah lumayan nih, teknik "lucu" hehe

  1. yup, tipsnya bagus

    kebetulan salah satu blog saya juga dofollow :D

  1. Anonymous says:

    banyak spam koment nih!

  1. Blackbird says:

    Saya juga pernah pake metode gini tapi ada beberapa jenis halaman koment yg ga support jadi link kita jadi rusak..

  1. Gan...
    klo mo buat komen dofollow di wordpress yg nofollow gmn ya?

  1. iswady says:

    sudah saya coba tapi ga bisa di klik mas.

  1. Kompas Muda says:

    keren..keren..., bisa dapet backlink dari blog no follow nich...

  1. pulsa murah says:

    mantab sangat infonya... langsung tak coba ahh... thanks infonya yah...
    nb. di WP ndak bisa yah??

  1. Nursing Care says:

    makasih ilmunya..mudah2an bermanfaat...saya akan mencobanya...thanks ya

  1. blogya pns says:

    tenkyu mas.. aq juga mo bijin blogku jadi dofollow ah..

    salam

  1. cara untuk melihat blog dofollow or nofollownya gmn bro??thanks b4

  1. thanks bro..artikel yg bermanfaat...semoga berhasil..

  1. keptin says:

    brati blog ini dofollow ya gan ?

  1. admin says:

    @keptin : iya, dofollow.. coba aja dicek.. ^_^

  1. dinooo says:

    apa bnr2 bisa cara ini diterapin buat blog yang no follow bro?

  1. aku juga dah pernah coba tu, tapi posisi di google malah jadi gak jelas, alias naik turun

  1. Bujang says:

    Terima kasih infonya ...Test Ya

  1. Saya pernah baca di blognya orang lain, katanya ini dak berlaku di google. Yang benar yang mana sih

  1. adi says:

    mantap tutorialnya, ini yang saya cari bos, tapi saya cek dengan add ons mozilla kok merah2 ya berarti nggak ngaruh di google

  1. thanks infonya...sy mau tanya, apakah cara ini cukup 'aman'? krn ngeri juga sih kalau beresiko...anyway..makasih kebaikan hatinya menjadikan blog ini do follow...

  1. Thanks info nya, sangat bermanfaat banget bagi pencari backlink seperti saya

  1. NN says:

    Wah, benar saya coba diblog ini, malah tidak bisa.

  1. wah,terimakasih kebetulan saya lagi belajar seo. menurut mas lebih berkualitas mana cari backlink dengan blog comment, dengan submit article atau tukaran link ?? terimakasih sebelumnya.

  1. kupangboy says:

    wah mantap neh gan makasih buat berbagi ilmunya ya?

  1. lemanz says:

    Waahh...ini lah bedanya klo yg newbie sama yg sdh expert kyk kk' ne..
    mksih bgt kk infonya...

  1. Urang Lembur says:

    He...3x akhirnya tahu juga gimana ngakalin link komentar yg Nofollow.
    Makasih mas infonya......

  1. wah mantap neh gan makasih buat berbagi ilmunya ya?

  1. mantep tipsnya gan..kalau saya pasang dofollow manfaatnya buat blog saya, apa gan? apakah enga berdmapak negatif?

  1. wah makasih, dapat tambahan info,
    bagus deh jadi bertambah lagi tempat kita utk berblog ria...

  1. langsung sy praktekkan ya Mas Bro..
    trima kasih bnyk tips-nya.
    Sukses selalu..
    Dealer Toyota Surabaya

  1. ngga tunggu lama-lama...langsung dicoba gan

  1. blog sy jg dah dofollow, kunjungi saya juga ya

  1. keren ane coba
    tq gan sharenya

  1. peke trik ini terkadang masih tetap saja dianggap nofollow mas, saya pake cara biasa saja

  1. Untuk Kita says:

    Sering seh pake cara gitu,, tapi beneran isa jadi dofollow tuh??
    Tapi ga da salahnya jga seh...

  1. loh, gak bisanya sob,,.. cemana nie??
    ap ad yg salah

  1. Handphone says:

    tx infonya http://ac-cell.blogspot.com

  1. nice trik mas, tp kyknya cara ini udah g bisa lg dech, ane barusan coba di blog sendiri tapi nga bisa jadi dofollow....

  1. kunbero says:

    sumpah keren...
    muter2 q blogwalking g pnh nemu postingan kyk gni..
    klo gni ne g perlu memilih tu blog difollow atau nofllow
    sukses y bro

  1. mas mau tya..
    wktu komentar di blog dofollow tpi komentarnya sewktu2 di hapus ama yg punya blog apa itu msh di agep dpt backlink???
    sukses buat blognya

  1. bunga ku says:

    Sakti juga triknya. Thanks sudah sharing.

  1. wah,, saya newbie,, jadi bagus buat referensi,,, makasi :D

  1. Ummu Qiya says:

    thanks infone...
    tapi sy praktekkkan kok ga ngefek ya.... mau " ato ' tetep ga bs di blog manapun.... :((

  1. rattan says:

    jujur saja saya baru tahu hal ini..., jadi langsung saja saya bookmark... pertanyaannya sederhana..., bukan tentang berfungsi atau tidak..., yaitu jika berfungsi..., apakah hal ini tidak membuat web kita berbahaya alias bisa kena banned oleh om google? Mohon balasannya.. Terima kasih... Jika jawaban sesuai dengan keiniginan, yaitu tidak..., maka ini adalah surga dunia!

  1. Haha.. trik simple tapi keren..

  1. wah blognya sama2 dofollow..tp pny ane masih newbie gan.. hehehehe
    salam kenal..

  1. blogger hp says:

    saya coba lah triknya,,, minta tipsnya sob gimana cara bikin top komentator ?

  1. cari kado says:

    hebat bener infonya, tapi ane ga berani coba. ane takut itu termasuk black hat. ane cuma berani white hat : )

  1. mantapp nih infonya. jadi pngen nyoba,,

  1. jelly gamat says:

    mksih bnyak share ilmunya.
    langsung saja ke tkp !!

  1. Info yang bermanfaat sekali, tapi syarat untuk bisa berkomentar seperti ini hanya bisa jika blog tersebut memperkenankan komentator menggunakan tag HTML.

  1. Unknown says:

    Keren nih, kunjungi saya juga ya di sini tsesting gan :PP

  1. dofollow says:

    Maknyus bang.., coba praktekin nanti ya.

  1. Mantap nih bang.., testing testing dites langsung bunting TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia

  1. arutemia says:

    terimakasih sekali infonya gan, ini sangat membantu sekali buat para blogger pemula seperti saya.

  1. kalo begini biasanya masuk kandang sakimet bro. gimana ya?

  1. Idenya cerdas juga. Knapa gak dari dulu kepikiran yah? Thanks infonya sob.!

  1. aryokumoro says:

    siiiip..
    langsung praktek.maklum masih nol besar.makasih infonya.

  1. Nona says:

    perbedaan nofollow dan dofollow it apa sih?

  1. bener juga yah, thanks gan udah ngingetin

  1. pake cara ini ga dibanned ma google kan gan??

  1. indovision says:

    ane coba dulu deh gan, smg berhasil.. :)

  1. info yang bagus , langsung ke tkp .
    jangan lupa balesannya biar impas

  1. wah bagus juga nih perlu di coba mungkin saya coba disini aja kali ya ga apa2 kan mas bro

    makeityourring diamond engagement rings

  1. semakin rumit aja ya,,,tapi namanya juga belajar tips trik klo kepingin menjadi blogger berkualitas,trimakasih banyak,,

  1. east borneo says:

    trima kasih atas tips cantik ini, patut dicoba dan tidak ada salahnya.

  1. Anonymous says:

    nice info.. menjadi blogger yg eksis memang susah,

  1. bevelyn.info says:

    Tapi ini kira-kira pengaruh gak ya sama PR rank kita punya ? maksudnya bakalan di blacklist gaksama google ?

  1. kios herbal says:

    ternyata ada juga cara liciknya untuk memaksakan kehendak nofollow menjadi dofollow...
    haahhaa

  1. obat stroke says:

    jadi klo sekarang meskipun blog itu nofollow bisa kita jadikan dofollow,tapi sayang bukan di dalam namanya...

  1. wah patut dicoba nih triknya, tapi aman ga ya gan nih trik?

  1. Mantap ini gan :D thanks yah bermanfaat infonya buat ane ^^

  1. gezlig says:

    KLo cara merubah Nofollow menjadi dofollow dalam blogspat gimana caranya gan?? mohon bantuannya

  1. sampeweweh says:

    bukannya itu nyepam bang ? saya nggak mau deh jadi spammer

  1. moshaict says:

    kayaknya perlu di coba nih.. thanks gan.

  1. bangun rumah says:

    saya baru tahu da dofollow dan nofollow..sy ketinggalan bgt nih

  1. Mamka Blog says:

    ini dia mas yang saya cari susah banget kalo blog itu di form komentarnya ga ada Name/URL jadi bingung .... wkwkwk

    Kunjungi blog ane gan :)

  1. masih banyak jalan lain mencari backlink, sesuatu yah

  1. Arimurti says:

    Infonya menarik....perlu di kembangkan

  1. hahahaha, blog saya ada judul postingnya Tips Menurunkan Berat Badan kayaknya waktu itu ad yg ngasih trik beginian deh,dasar curang :p

  1. This comment has been removed by the author.
  1. This comment has been removed by the author.
  1. Thanks gan da berbagi, baru tw apa itu nofollow and dofollow,
    Kunjungan bali ke blog saya disini: Foredi Bandung

  1. ok...mas tak coba resepnya. btw thanks.

  1. dianggap nyepam gk tuch.........????

  1. wah, kok boleh diterapin di blog Agan....
    kenapa tuh....?
    ada efek sampingnya ya?
    hihi

  1. zent says:

    owh jadi begitu toh caranya...cik kita coba ya !!

  1. Mohon izin untuk dicoba... Salam kenal dari Hp Terbaru. Thanks.

  1. makasih banyak ilmunya gan,,, langsung mau diterapkan....

  1. membuat blog says:

    mantap bro, kalo cara rubah post coment blog noffolow menjadi doffolow gimana bro?

  1. anisa herbal says:

    aku mau coba ahh.. ^_^

    salam dari Anisa Herbal

  1. Sony says:

    keren sob tipnya, langsung praktek nih

  1. Labrala says:

    Akhirnya nemu juga tipsnya buat dofollow coment di blog nofollow, thanks ya gan...

  1. wah blog saya udah dofollow gan

  1. link sobat udah terpasang(bisa dicek)..
    mohon backlinknya ya

  1. iya nih saya juga pengen jdi blog dofollow

  1. udah dicoba mas. tapi bingung gmn caranya bikin warna merah ama birunya?

  1. lisa says:

    Yayayaya..... bagus banget infonya..
    baru tau ada yang ginian..



    ditunggu kunjungan baliknya ya...
    doliph.us

  1. An Nahal says:

    wah ane baru tau nih om, "telat"
    maklum masih newbie
    btw terimakasih om tutornya sangat bermanfaat
    salam kenal om, sukses sllu

    Super-Bee

  1. tips fashion says:

    tapi cara ini katanya banyak blogger yg tidak sepakat yah? karna ketika ada komentar yg memakai cara ini psti dianggap spam oleh pemilik blog???

  1. Satu Gagasan says:

    iya nih etis gak ya pake' cara ini???
    "Happy Blogging All"

  1. Unknown says:

    terimakasih informasinya..

  1. LG Prada 3.0 says:

    Tips yang sangat bermanfaat, semoga bisa kita gunakan dengan bijak.

  1. tapi nanti banyak yang menganggap spam gak sob?

  1. bagus banget niih articlenya ..
    makasi ya..

  1. thanks informasinya....

    bagus banget article

  1. apa bener cara ini masih bisa di pakai untuk blogspot, trus dulu mas membuat blog ini di set menjadi do follow agar banyak komentar dan page rank jadi cepat naik ya mas....

  1. Terimakasih gan infonya.pengen coba diterapkan ke blog yang nofollow.agar blog ane punya PR juga.

  1. arie5758 says:

    Selama berkomentar ria di blog tetangga, baru tahu saya kalau bisa menyisipkan link. Maklum katro saya kalau urusan beginian bang.

    Tapi biasanya untuk blog ber-PR tinggi, adminnya pada galak. Komentar dg link hidup biasanya dimasukkan spam, kadang malah di ban IP bang

  1. Unknown says:
    This comment has been removed by the author.
  1. Unknown says:

    Apa dengan sering berkomentar akan menambah rasa sayang mbah google ke blog kita? Komputer dan Handphone

  1. pepaya says:

    untuk yang masih pr rendah sebaiknya nofollow dulu aja.

  1. ohhh,,, gtu ya gan,,,, boleh d coba nih,,, makasih,,,,

  1. wihhh kerenn banget gan........

  1. gaulhost says:

    kalau blogspot cara buat blog menjadi doffolow
    seperti diatas..untuk wordpress sama gak ya kak

  1. les privat says:

    klo memang berhasil...pasti jadi sangat membantu mencari backlink....

  1. baroto says:

    wow, ternyata bisa ya gan
    sip perlu dicoba

  1. prima says:

    berarti kita harus tau dulu donk blog tsb dofollow atau enggak?? . . cara bedainnya gmn yah??

  1. Gamat Luxor says:

    keren selai informasinya :)

  1. Unknown says:

    informasi yang sangat bagus, bagi saya yang masih newbie. ^_^
    terimakasih

  1. Rifai17 says:

    Gan, ane mau tanya nih. komentar seperti itu apakah termasuk komentar spam?
    trimakasih

  1. iya gan mang pasti berhasil ya pake teknik gitu....
    ane mau coba ah...hehehhe sapa tau aja bnyk manfaatnya thanks gan...
    mampir kelapak ane jg ya
    disini
    disini jg ya gan

  1. propolis says:

    Keren nih, kunjungi saya juga ya di sini

  1. ArwildoSHOW says:

    wah info yang sangat bagus dan berguna thanks

  1. sepriyanto says:

    sebuah suguhan artikel yang sangat bermanfaat

  1. blog bola says:

    info yang bermanfaat ane coba dulu thx..

  1. oke dah sangat bermanfaat infonya!

  1. Mantap. Bisa dicoba. bagi lagi tipsnya boss

  1. Anonymous says:

    Langsung praktek.Keren nih,
    visit me at Kesehatan Anak

  1. owh... gitu ya..
    lumayan jg tekniknya..
    makasih... ^^

  1. emangnya kalo diterapkan di blog ini kenapa gan??
    Apakah ga ada hasilnya??

    Peluang Usaha <a href="http://terapiion-elektrik.blogspot.com>Terapi Ion Elektrik Rendam Kaki Detox</a> Modal Terjangkau

  1. Unknown says:

    coba ah....
    kunjungi saya juga ya :) di sini

  1. Dapah blog says:

    sip deh,,, klo berkomentar kayak artikel diatas apa manfaaatnya sob???

  1. mimin says:

    itu buat html y mas,kalo php ada gk mas.

  1. keren gan....:P mantap nambah lagi ni ilmu saya

  1. wah.. artikelnya keren nih.. ^^
    aku mau nyoba tutorialnya ahh..
    makasih ya.. :)

  1. alvin says:

    emang tukeran link slalu buat web lebih cepet naek traffic nya hehehehe

  1. cyber lucky says:

    nice post, tengkyu telah kembali mengingatkan !!

    komentar saya juga dofollow dan ber page rank 2...

  1. aamil says:

    langsung dicoba dulu bro

  1. berarta caranya gitu ya gan......

  1. saya coba ya sob, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  1. cara ini sudah saya lakukan beberapa bulan yang lalu tapi hasilnya blog saya pun tidak kunjung malahan PR yang ada turun 1 tingkat

  1. Tri Julianti says:

    wah ini yg saya cari, maksih yaa :)

  1. choiril anam says:

    ada resiko buruknya gak gan...??
    newbie masih belum paham bener masalah blog...

  1. Caranya agak curang.. Tapi sepertinya patut dicoba.. Thanks infonya..

  1. Hermanbagus says:

    Nice info, terimakasih informasinya gam

  1. goez says:

    Apa cara ini tetap terhitung sah oleh search engine terutama Google, boz?

  1. Parking says:

    wahh begitu yh gan... oke deh gan. makasih untuk infonya :D salam suksess

  1. heumm mudah sekali ternyata ,,hanya tinggal copy paste ajjha ya ..emh ,,tapi memangnya tidak mngapa kita mnaruh link pada klom kmntar nya ?/ apa gak spam >>.?/ bingung nih

  1. putry says:

    thanks mas indro trik yang harus ane coba nih...

  1. info menarik gan...menyimak dulu ah...agak2 mudeng dikit...makasih tipsnya...

  1. benar banget gan banyak komentar dofollow rata-rata tdk ber-PR walaupun ada website ber-PR menganut dofollow mengunakan sistem moderasi komentar untuk menghindari adanya spam, nice posting n keep blogging kawan.

  1. Lirik lagu says:

    Keren Om Postnya
    Keren nih, kunjungi saya juga ya di sini

  1. Soeryo Dz says:

    Keren Banget informasinya

  1. Bagus says:

    ijin dipraktekin di blog ini ya gan.
    kunjungi blog saya gan klik disini

  1. kocak konyol says:

    untuk saat ini saya masih belum berani mengubah blog saya menjadi dofollow ....
    btw nice info sob

  1. owh begitu carabnya, blog ane buat dofollow juga yah

  1. Sudah saya praktekan di blog dofollow saya bos.. trms yah

  1. Adhe says:

    wah bisa juga ya pake trik seperti itu bisa ane praktekin neh untuk blog ane www.indostreamix.com

  1. Rhasio says:

    sipp.. gan yang ane cari - cari niih

  1. Thank untuk infonya, keren mang, sangta bermanfaat...

  1. heheheheh.. keren..keren.. emang mendingan gitu ya.. tukeran link :D

  1. oh gitu to caranya biar tahu mana yang dofollow ma engga...

  1. iya sih klo dipikir-pikir mendingan tukern link aja aja yak.. daripada susah-susah :D

  1. oke juga tipsnya tapi pasti dihapus sama yang empunya blog hehehehe....

  1. M Fadhil says:

    Nice share dari admin, visit back juga
    klik disini

  1. Anonymous says:

    terima kasih gan, tipsnya sangat membantu....

  1. Aira says:

    haduuh sebenarnya siih masih belum ngeti nih gan ,,pusing .. hhee

Leave a Reply

Budayakan Berkomentar Sesudah Membaca
No "Porn" No "Spamming"

Post a Comment

Copyright 2009 - CHEngineer Space. All Rights Reserved. Modified by Indro Wicahyo Original Design by Camelgraph.